Sabtu, 10 Juli 2010

IMPIAN YANG HILANG (MAHAMERU)

Mahameru
kecewa
hancur
sakit hati
impian yang hilang
malu
putus asa
egois
nyesek
marah
marah
marah

semuanya campur jadi satu
ketika harapan dan impian itu hilang
pupus sudah semuanya

"temen-temen .. jadi saya udah keterima di GO, ngajarnya tuh mulai tahun ajaran baru sama dengan sekolahan .. jadi gimana rencana kita?"

semuanya diem
nunu, orang yang kami anggap 'rada leader ternyata menyatakan berhalangan. gatau apa yang ada di pikiran masing-masing. Rencana keberangkatan ke mahameru bentrok dengan tahun ajaran baru. Semua di luar rencana. Rasanya, ga mungkin juga kami pergi tanpa nunu, walaupun ada ilyas yang badannya lebih gede (anak menwa pula), opik ato ganjar. Tetap saja kalo salah satu ada yang ga ikut rasanya beda. Berat banget, sumpah!!!! nyesek rasanya, gimana engga!

mimpi ini udah ada sejak lama di sini (hati)
mimpi yang ditanamkan oleh seorang sahabat
mimpi yang membuat semuanya terasa bersemangat
mimpi yang memotivasi untuk segera menyelesaikan skripsi
mimpi yang mengobati rasa sakit hati yang tak terperi
mimpi yang mengajarkanku perlahan untuk belajar ikhlas
mimpi yang lebih mengeratkan persahabatan
mimpi yang membuat aku merasa ingin menjadi orang yang lebih baik dari sekarang

mimpi kebersamaan di akhir perkuliahan bersama para sahabat tersayang, bukan berarti kami jarang bersama, sering banget kami ngelakuin hal-hal yang penting sampe ga penting bersama kemana-mana, tapi untuk terakhir ini sebelum kami sibuk dengan urusan masing-masing nantinya .. kami ingin kembali menyapa alam. hal yang udah lama ga kita lakuin semenjak mata kuliah yang pake praktikum ke lapangan beres semua di kontrak. Ya, kecintaan sama alam dateng gitu aja, ditambah jurusan geografi yang berkenaan langsung sama alam.


aku masih inget ketika salah satu sahabat mulai bicara tentang mahameru, waktu itu aku biasa aja. tapi setelah mendengar gimana dia cerita, gimana bersemangatnya dia, gimana dia hafal semua seluk beluk dan nama-nama tempat di sana dan .. gimana inginnya dia pergi kesana!!! sangat ingin .... aku mulai penasaran.
mulai deh aku cari-cari tau tentang mahameru
searching,donlot semua hal yang berbau mahameru
Soe Hok Gie pun aku mulai suka, mahasiswa yang meninggal di mahameru.
sampai suatu waktu, playlist di winamp aku cuma muterin satu lagu, mahameru-nya Dewa 19 !!! seharian penuh hahahahahaaaa
buku 5cm yang ditenteng kemana-mana, ngapalin kata-kata bagus yang ada didalemnya ampe hafal
dan nemu blognya adhi kurniawan yang diterbitin bang dhonny langsung yang sumpah deh, ceritanya adhi keren banget, aku yang bacanya aja berasa ngalamin sendiri ... tengs ya mas adhi .. :)
keinginan untuk mendaki mahameru kian hari kian memuncak, menggebu-gebu banget pokonya. aku lupa sama semuanya, sakit hati karena seseorang yang ninggalin luka menganga yang gede banget!! aku lupa ama sakit hati itu, heuu hebat banget mahameru
pokonya aku makin semangat sama semuanya
tiap hari apdet statusnya tentang mahameru, sampe ucapan terima kasih di skripsi, mahameru pun ikut serta
gila kalo kata sepupuku mah ... hahahahaaa

***

akhirnya dengan berat hati, kami mulai menyusun ulang rencana. Yang tadinya kami mau ke mahameru dari tanggal 9-15 Juli berubah.
Nunu yang akan mulai mengajar tanggal 12 jelas ga bisa jika ikut rencana semula, dan kami pun ga rela.
agar semua pihak tak ada yang kecewa (walaupun sebenarnya aku sangat sangat sangat kecewa), perjalanan tetap akan dilaksanakan tetapi hanya 3 hari dan tempat pun dialihkan menuju gunung bromo, tapi kami 4 perempuan yang ikut (aku,dwi,abi,uji) ngotot gamau seperti itu. kami ingin kemping bukan wisata seperti itu. gamau tidur di penginapan!!! mereka anak laki-laki akhirnya menyanggupi, naik ke bromo pake jalur treking dan aku tau disitu nunu merasa bersalah banget pada kami anak perempuan, harapan yang sangat menggebu-gebu hancur seketika. Impian yang hilang !!!!
nunu menawarkan sekalian kita nge-camp di pananjakan aja katanya. aku ga gitu tau tentang pananjakan, tapi katanya bagus banget kita bisa liat bromo dan sunrisenya dari atas. ya okelah yang penting kemping dan keluar dari jawa barat!!
(tapi tetep aja nyesek kalo inget mahameru lagi)
gimana ga nyesek, semuanya uda di rencanain, dipersiapin mateng banget. dari mulai peralatan, biaya, fisik ..... argh semua deh tinggal berangkat aja sampai revisi skripsi aku dan dwi slese paling telat tanggal 8juli.

mulai deh rencana ulang menuju bromo
peralatan, biaya dan lainnya mulai dicatet ulang ama dwi (juru catet kita yang paling rajin tiada tara).
"gapapa ya rada mahal dikit ...."
semua setuju.

sebenernya, di sini uji dan abi belum minta izin pada orang tua mereka (dari waktu rencana ke mahameru). kalo aku,dwi dan yang lainnya alhamdulillah uda dapet izin asalkan kewajiban kami uda selese yaitu lulus kuliah heuuuu. abi dan uji memang belum selese, ampe sekarang mereka masih nyusun skripsi. proses minta izin mama, duuuuuuuuuuh lamaaaaaaaaaaaa banget, ada kali sebulan!! sengaja dari jauh hari aku uda minta izin ma mama, selain masalah biaya .... ini naik gunung gituloooohhh (bukan praktikum yang pernah ampe cilacap yang ada dosennya) jauh banget dari rumah, berat pasti mama ngelepasin putri sulungnya yang baru beranjak dewasa pergi sejauh itu .... hahahahahahahaaaa LEBAY!

sejak rencana ke bromo,tiap hari kami bertemu untuk memfiks-kan semuanya. uda tinggal pergi deh tanggal 9 ntar ... aku,dwi,abi,uji,nunu,ilyas,opik, ganjar dan kalo jadi ade firman mau ikut katanya ...

tapi sekali lagi takdir berkata lain ...
malem 5 hari sebelum hari H, ketika buka fesbuk, ada inbox baru, aku buka ternyata disitu abi yang nulis .... send ke aku,dwi,nunu,ilyas,uji,ganjar dan opik

"Dear Teman, kawan, sahabat, saudara, dulur, pemimpi, yang punya tujuan sama ....

Ridho Allah ridho orang tua ..
Saat orang tua tak meridhoi, kita bisa apa ..
Saat kata 'tidak' itu terucap, hilang semua mimpi itu ..

Maaf, aby ga dapet izin ke bromo

Jangan tanya perasaanku saat ini ..!"

deg
entahlah gimana juga perasaanku saat itu

esoknya,
aku mendengar kabar kalo kakek ilyas sakit dan terpaksa ilyas harus pulang ke Kuningan
dan opik ... ternyata dia juga ada panggilan kerja di Depok
ganjar, sibuk mengurusi depresinya dengan mengurung diri di kamar

hmpfh .... gatau apa kata yang tepat untuk melukiskan perasaan kami semua saat itu

... ketika mimpimu yang begitu indah, tak pernah terwujud .... yasudahlah ....

sejak saat itu sampai sekarang lagu Bondan fade2black selalu jadi soundtrack kami
walopun kami bukan orang seperti itu, gampang nyerah ma semuanya, tapi ... entahlah!

tak pernah ada maksud untuk menyerah ataupun putus asa
sedih, marah, tangis, kecewa sudah pasti ada bagi mereka yang benar-benar berharap
Namun jika halangan untuk mencapai mimpi itu datang bertubi-tubi dan tak mampu lagi kita siasati, mungkin belum saatnya kita mewujudkan mimpi itu
ikhlas ....
satu kata yang tepat untuk saat ini
Teruslah menyimpan mimpi itu
tak pernah ada yang salah dengan mimpi indah itu
mungkin suatu saat nanti kita akan dapat mewujudkannya
dengan cara yang lebih indah ...
Hanya Allah Yang Maha Mengetahui
Mungkin inilah yang terbaik untuk kita saat ini
Tetap semangat ...by dwi septiarini

9 komentar:

emprut * mengatakan...

sedih :(( waktu ngelewatin perasaan ini

Adri mengatakan...

tenang aja masih da waktu kog....

wie mengatakan...

huffft.. hheu..smgt uput..mungkin lain kali...

emput.uput mengatakan...

wie .. iah wie hheeeee

adri .. ia insya allah masi ada waktu :)

kura-kura kota mengatakan...

mmm... gitu yak, jgn pernah untuk berhenti bermimpi. tetap terus taruh impianmu 5 cm menggantung di dekat kepala. impian pergi ke mahameru.hehe..

dateng aja pas 17 agustus tahun depan, dan selamat menikmati perjalanan 5cm -mu :)

(blognya cukup menarik,salam kenal)

arus.nirwana mengatakan...

naik Gunung itu sama halnya dengan naik haji, kadang persiapan matang besok tinggal berangkat eeeeee tak taunya sakit. jadinya dak bisa terlasanakan, hal itu pernah terjadi pada saya, cuma niat harus tetap ada insaALLAH hal yang di niati itu bisa tercapai, amin

emput.uput mengatakan...

kura kura kota . ia terimakasih hehe mungkin lain kali, salam kenal juga

arus nirwana . ia bener ... hehe amin insya Allah

kura-kura kota mengatakan...

tenang, mahamerunya gak bakal kemana2 kok.

tanpa sahabat, kan masih bisa nyari teman jalan lain yang mau diracuni ke mahameru.hahaa..

Putri Jennia Fasa mengatakan...

hampir 2 tahun lalu impian itu ...
haha bener2 ..