Selasa, 24 April 2012

lika liku ngawas UN (Ujian Nasional) - smp


oke ... aneh rasanya setelah lama ga nulis, akhirnya keinginan buat nulis lagi dateng. tapi, aku sadar gaya menulis, kemmapuan menulisku  udah ga sama lagi kaya dulu. dulu yang masih penuh semangat, perbendaharaan kata yang banyak, dramatisir peristiwa ... aahh sekarang itu udah susah banget. gatau lah ... mungkin karena sekarang kehidupannya ya, udah monoton begitu-gitu aja, tantangan sudah berkurang dan kombinasi perasaan yang sudah tak seheboh dulu. haha ah apaan lagi ini prolognya, udah ah, ntar malah nyablak ga penting yang melenceng jauh dari judul heheh ..... yu langsung cuuuuus cerita. seperti judul, ya .. tentang ngawas UN.

ini sih, kali kedua aku ngawas UN, tapi beda jenjang. tahun kemaren ngawas UN di SMA. kalo bukan inget kewajiban, rasanya ogah juga ngawas-ngawas UN lagi. hati nurani dipertaruhkan. menyaksikan kebohongan, rekayasa di depan mata. aku sih inget seseorang yang bilang, "udah .. tutup mata tutup telinga aja". hmpf .. sebenernya gabisa juga seperti itu. inget tahun kemaren tentang peraturan pengawas UN SMA yang sangat menggelikan bagiku. Pengawas tidak boleh keluar dari bangkunya, harus diam di tempat dan tidak boleh jalan-jalan di dalam kelas. aku yang masih sangat idealis saat itu ingin sekali menertawakan, tapi ya masa aku melakukan itu di forum rapat ... hehehe. maksudnya apa coba? membiarkan mereka menyontek sesuka hati? oke baiklah kalo aku tidak melihat, tidak tau ... tapi ini jelas lho mereka mainnya ga rapi banget!!!!. berisik dan sama sekali ga menghargai pengawas yang ada di depan. jadi ngerasa  seperti boneka pajangan.akhirnya apa? aku mikirnya jadi "bae weh lah antepkeun, sakahayang, nu penting saya dibayar" ... hmm parah kan aku mikirnya. sebenernya gamau banget punya pikiran kaya gitu. Nah, hari terakhir UN, semua wajib berkumpul di sekolah ... dan aku kembali melihat pemandangan yang tidak mengenakkan. dan dilakukan oleh petinggi-petinggi yang jelas sangat berpendidikan secara akademis itu ... huafff ... makanya dari situ deh, gamau lagi ngawas-ngawas.

Nah dari hari senin kemarin, aku ngawas lagi di SMP. gabisa mengundurkan diri karena tak ada pengganti. Jadi, yasudah deh jalani saja dulu kewajiban itu. kali ini akan aku dengarkan kata teman aku itu, "udah .. tutup mata tutup telinga aja" ....
seperti perkiraan awal ketika dapat jadwal, suasana anak-anak yang memang maaf kasta terendah dalam silsilah SMP di kota ku, memang ga ngatur, ga sopan .. (ciri khas abege jaman sekarang) dan ya .... begitulah.Hari pertama, aku bareng Rizaldi, temen ngajar di SMP unit aku bekerja sekaligus sobat karate dan adik kelasku dulu. Di sini Rizaldi mengungkapkan unek-unek tentang kondisi SMP tempat kami bekerja, dan waaww banyak berita. Memang ih kalo soal gosip, aku pasti selalu belakangan mengetahuinya. hehe .... Tentang wakasek yang baru diangkat itu yang menimbulkan kontra .. (aku baru tau kalo orang itu jadi wakasek). Kontra sih, pastinya dari kalangan guru senior yang sudah jauh lebih lama disitu. Ya, susah sih, emang orang sunda biasanya seperti itu .... yang aku tangkep dari pikirannya Rizaldi. Mikirnya, pasti ga enak sama yang tua. Ya memang juga, tapi kalo misalkan orang baru itu, kecakapan, akademis .. keterampilannya lebih oke, kenapa engga? demi kemajuan sekolah kita juga, daripada yang ada udah lama malah ngoyo-ngoyo  aja. Sibuk pamer ini itu .. heheh eh curhat deh, tapi ini ga aku omongin ke Rizaldi. sekali lagi atas nama GA ENAK. heheh kan aku orang sunda juga ,, hehehe

Hari ini, hari kedua ngawas UN. si anak-anak itu makin ga beraturan aja. udah lah biarin. toh kayanya kecurangan UN itu di engga engga juga memang tetap ada. Buktinya, pelajaran bahasa inggris tadi, dalam waktu satu jam kurang mereka bisa menyelesaikan semuanya dengan sempurna. bukan ga percaya mereka mikir sendiri sih ya, tapi awal-awal .. yang aku liat mereka cuma leyeh-leyeh, lirik sana sini. setelah ngisi biodata di LJK, mereka bahkan sepertinya enggan membaca soalnya, cuma dibuka bolak-balik aja agar kami ga curiga. eh dalam hitungan menit, LJK sudah terisi sempurna. entah deh ya itu gimana caranya .. hahaha

miris.
tapi ... aku bisa apa?
aku ga munafik, aku memang ga suka. kalo ada yang bilang "kamu dulu juga kaya gitu kan????!!!", aku bakal tegas langsung jawab TIDAK! aku lulus SMP murni hasil sendiri.bangga.
udah dulu ah kayanya, tulisan aku kali ini banyak unsur yang bakal menyinggung banyak orang heheh .. gapapa ah, ini kan blog aku ... heheh .. peace ...

p.s.  masih dua hari lagi. semangat!!

Tidak ada komentar: