Senin, 14 April 2014

Plagiarisme

menurut sumber ini, Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri.

miris banget sama para plagiator ini. bukan hanya kalangan bawah saja yang sering plagiat, orang berpendidikan tinggi pun banyak yang melakukan plagiarisme. mulai dari disertasi, thesis, skripsi *banyak banget kalo ini mah. jurnal, artikel, foto dan banyak lagi deh .... 

nah kalo yang terjadi sama saya ini, ada orang yang selalu plagiat dengan ide, tulisan bahkan kalimat saya dalam update status di twitter. ya, karena hanya media twitter yang dia bisa masuk ke akun saya. media facebook saya privasi saja demi kenyamanan kan ya. bukannya saya kepedean atau kegeeran, tapi memang ya ada satu orang ini kalau saya update status, pasti beberapa hari kemudian dia akan menuliskan hal yang sama. entah itu memang betulan yang lagi kejadian sama dia, tapi kok ya bahasanya, cara penulisannya sama banget. jujur saya risih. sekaligus kasihan sama orang ini. entah apa pula yang melatar belakangi dia melakukan plagiarisme ini, mungkin ingin menunjukkan sama saya kalau dia juga melakukan hal yang sama ... (?)

ya, miris aja kalo saya ...........
nah, kenapa saya bisa tau padahal saya tidak memfollow?
alhamdulillah saya punya teman yang baik hati yang kebetulan berteman di twitter dengannya, memberitahu saya.
kenapa ga jadi diri sendiri aja ya? akan lebih cantik kalo menjadi diri sendiri.

p.s. kalah oleh orang yang lebih dari kita itu sudah biasa, tapi kalah oleh orang yang kita tau 'kemampuannya' di bawah kita ...... ? hehe :D

Tidak ada komentar: