Jumat, 21 November 2008

uTs geo poLitik oit !!!

2. Sebutkan nilai positif dan negative pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ?
• nilai positif pengiriman Tenaga Kerja Indonesia adalah mengatasi pengangguran di Indonesia yang mencapai lebih dari 15%. Selain itu TKI juga membantu devisa Negara. Para TKI juga membantu memutar keuangan Negara, setidaknya di suatu daerah yang penuduknya banyak yang menjadi TKI. Para TKI nya yang bekerja di luar negeri, mengirim uang kepada keluarha di daerahnya, inilah yang membantu perputaran uang di suatu daerah. Selain tiu juga bisa memperat hubungan diplomatic dengan Negara penerima TKI.
• nilai negative pengiriman Tenaga Kerja Indonesia adalah mengurangi nilai Indonesia di mata internasional karena dianggap tidak bisa menampung tenaga kerjanya sendiri.

3. Jelaskan esensi keterkaitan geografi politik dengan studi hubungan internasional, sejarah dan ilmu politik !
Geografi politik mengkaji Negara sebagai region, menjelaskan fungsi batas Negara, memagami pentingnya kekuasaan wilayah, menganalisis kerjasama internasional melalui organisasi-organisasi dunia, mengaplikasikan konsep-konsep dalam konteks permasalahan politik yang terjadi, pengaruh globalisasi terhadap politik dunia, isu lingkungan yang berpengaruh pada pasar bebas dan isu otonomi daerah serta geografi pemilu.
Ilmu Politik adalah Ilmu politik adalah cabang ilmu sosial yang membahas teori dan praktik politik serta deskripsi dan analisa sistem politik dan perilaku politik. Ilmu ini berorientasi akademis, teori, dan riset.
Geografi Politik hamper mirip dengan kajian sejarah dan hubungan internasional, perbedaannya terletak pada objek yang dikaji. Geografi Politik lebih konsisten dalam mempelajari kekuatan suatu Negara dilihat dari kepemilikan Sumber daya Alam, penduduk, pemilihan umum dan tema lainnya yang didalamnya terjadi interaksi antara manusia dengan lingkungannya dalam kehidupan politik.

4. Bagaimana pandangan fisis determinis tentang Negara ?
Pada mulanya banyak ahli geografi menganut faham fisis detreminis, mereka berpendapat bahwa keadaan alam suatu daerah seperti iklim, cuaca, persediaan air, jenis tanah, jenis batuan lingkunagn social serta flora dan fauna, dimana manusia itu berada akan menentukan sifat lahir dan rohaninya. Apabila manusia tidak menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut, maka manusia yang bersangkutan akan binasa. Pandangan tersebut jelas sekali bagwa tidak ada tawar menawar antara manusia dengan alam, sehingga kretaifitas manusia untuk mengubah alam tidak Nampak, seolah-olah manusia sebagai makhluk yang pasif di dunia ini.
Faham fisis determinis semakin diperhalus sehingga tidak jelas lagi, dari kata menentukan yang sekarang menjadi kata dipengaruhi, akhirnya menyesuaikan misalnya, jika suatu bangsa atau masyarakat dapat berhasil melawan alam, sehingga alam diolah untuk kepentingannya, berarti bahwa bangsa atau masyarakat tersebut sanggup untuk menyesuaikan dirinya dengan alam. Dengan demikian, aktivitas manusia sejalan denagn rencaa yang disediakan alam.

5. Mengapa aliran Darwinisme dianggap berbahaya bagi kehidupan Negara dan manusia ?
Teori evolusi darwin lahir sebagai akibat ketidakpercayaan Darwin terhadap adanya pencipta dan juga tentang adanya penciptaan. Ketika dihadapkan dengan kemajuan IPTEK sendiri, terutama menyangkut genetika, teori ini terbukti kekeliruannya karena setiap makhluk hidup mendapatkan bentuk fisiknya dari gen induk yang tidak akan pernah berubah atau berevolusi seperti yang dikatakandarwin.
Bahkan telah terbukti berbagai rekayasa memalukan dari para pendukung evolusi, yang terkenal adalah kasus tengkorak manusia yang ditempelkan dengan rahang babi hutan di Inggris, yang dikatakan para pendukung evolusi sebagai tengkorak masa transisi dalam evolusi.
Lebih tragis lagi, teori evolusi Darwin telah menjadi inspirasi dari para penjagal manusia dalam melakukan genocida. Betapa Hitler ternyata adalah seorang pengagum Darwin, dan berambisi menciptakan ras unggul dengan membasmi semua orang cacat fisik dan lemah mental/idiot, begitu pula dengan tokoh-tokoh Komunis seperti Lenin dan Stalin juga bukan secara kebetulan adalah seorang pengagum teori evolusi Darwin. Singkatnya, teori evolusi Darwin tidak hanya menolak keberadaan pencipta dan penciptaan, akan tetapi memberi andil terhadap rasisme dan malapetaka dalam sejarah umat manusia.
Secara umum para ilmuwan saat ini terbagi menjadi dua, yaitu yang menerima adanya sang pencipta dan adanya penciptaan, sedangkan golongan satunya adalah yang menolak adanya penciptaan dengan mengusung teori evolusi Darwin. Sudah sering diadakan debat dan para pendukung teori evolusi selalu kelimpungan ketika dihadapkan dengan begitu banyak bukti ilmiah yang menunjukkan adanya pencipta dan penciptaan, bahkan termasuk pula dalam skala yang lebih luas yaitu mengenai asal usul alam semesta yang dengan kemajuan IPTEK mengarah kepada kebenaran adanya penciptaan alam semesta dengan keteraturan dan keakuratan tingkat tinggi lewat peristiwa Big Bang/ledakan dahsyat.

6. Negara merupakan satu kesatuan politik yang memperlihatkan karakteristik tersendiri sehingga dapat dibedakan antara satu Negara dengan Negara lainnya. Coba jelaskan hal apa sajakah yang termasuk karakteristik Negara ?
• Lokasi Negara
• Luas wilayah
• Bentuk wilayah negara

Tidak ada komentar: